CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pernikahan adat Batak: Ribet yang Nikmat

Pernikahan adat batak gue dan suami yang dipersiapkan dari September 2011, akhirnya terlewati juga. Teringat pesan seorang opung sebelum pernikahan gue: tidak ada ulaon (pesta adat) yang sempurna, pesta pernikahan adat batak gue dan suami pun mungkin jauh dari senpurna, tetapi setidajnya tidak ada komplain yang terlalu krusial setelah acara kami.

Sebagai pengantin wanita, gue sudah dijadwalkan untuk mulai dandan jam 3 pagi. Malamnya, gue sudah tidur sekitar jam 10-an dan berhasil bangun by alarm jam 2. Gue bangun, mandi, dan makan telur ayam kampung 2 butir lalu duduk dengan tenang menunggu perias gue dateng. Jam 3 lewat sedikit, perias datang dan mereka mendandani gue sampai jam 6an. Gue puas banget sama hasil make-upnya. Keluarga dan org lain yang liat pun bilang bagus dan nggak ada yang kritik. Yang paling gue suka, dandanannya elegan, tradisional, tapi tetap mencerminkan kalo gue memang masih 25 tahun. Heheheh...

Jam 7 pagi keluarga suami dateng menjemput gue untuk makan pagi bersama, berdoa lalu berangkat kegereja. Acara ini disebut Sibuhai-sibuhai. Oh iya, pd saat itu gue dan suami tukeran hand bouquet dan corsage. Hand bouquet dan corsage mawar ungunya dipersiapkan oleh inangtua gue yang entah beli dimana, dan pas malemnya dateng corsagenya gede banget karena mawarnya mawar import. Jadilah gue memangkas kelopak demi kelopak sampai kira-kira ukurannya udah cukup untuk di jas suami gue. Setelah makan pagi, berangkatlah semua keluarga ke gereja.

Digereja, acara berlangsung lancar. Gue dan suami berjalan menuju altar diiringi lagu favorit gue sepanjang masa: 'SetiaMu Tuhanku'. It was one of my favorite moments! Pengucapan janji dan penukaran cincin berjalan lancar. Momen penghormatan ke kedua orang tua juga menjadi momen yang mengharukan (tapi nggak nangis) :p Satu hal yang tidak terduga juga adalah jumlah orang yang datang kegereja untuk menyaksikan pemberkatan nikah kami. Lantai 1 penuh dan lantai 2 juga terisi beberapa teman. I was so happy and grateful.

Selesai dari gereja dan pencatatan sipil, kami langsung berangkat ke gedung dan disinilah drama dimulai:p polisi pengawal masuk tol dan ternyata tol macet total karena ada kecelakaan diantara tol bekasi barat dan tol bekasi timur. Yang parahnya lagi, mobil pengantin dan mobil org tua pengantin ketinggalan di lampu merah dan terpisah. Kami sudah sampai gedung sementara orang tua belum, yang bikin lebih parah, orang tua gue keluar dari tol dan ambil jalan kalimalang yang pada saat itu ternyata macet parah juga. Gelisah banget nunggu si mama n papa karena tamu udah rame banget dan hula-hula belum masuk. Akhirnya mereka tiba jam setengah dua kurang sedikitttt(!!) dan kami masuk ke gedung jam setengah dua. Begitu baiknya saudara, keluarga, hula-hula, dan teman-teman yang setia menunggu (nggak ninggalin pulang) meski acara terlambat satu setengah jam. Jumlah tamu yang datang di gedung pun benar-benar diluar dugaan (terutama keluarga gue) mengingat bokap yang kurang aktif di acara arisan, adat, dan semacamnya. Lagi-lagi keluarga kami begitu baiknya sehingga keluarga yang datang cukup banyak. Undangan nasional pun banyak yang datang, dan terkesan sumpek karena terlalu rame ketika kami naik ke balkon.

Acara adat juga berlangsung lancar dan gembira. Keluarga bilang gue dan suami tampak enjoy n happy sepanjang pesta meskipun acara adat yang panjaaaaang dan lamaaaaa... :p keluarga pun tampak enjoy banget, hal itu bisa diliat dr jumlah sepupu, saudara yang enjoy nortor dan ngelapor jumlah saweran yang didapet selama pesta. Hehehe... Meskipun terlambat, acara adat kami bisa dikatakan sukses dan lancar. Semua itu berkat dari Tuhan dan kebaikan dari tamu, saudara, teman, dan smuanya yang hadir pada saat itu. Selesai pesta, berpisah dari keluarga, acara adat lain menanti dirumah suami. Sampai dirumah suami, kita disiram beras, dan masuk rumah pakai kaki kanan. Setelah masuk ada acara makan (dalam hati, ni org batak makan mulu yak) dan dokkon hata. Yah biasalah pesann-pesan sponsor dalam menjalani hidup berumah tangga. Sekitar jam setengah sebelasan, akhirnya kami diijinkan untuk naik dan istirahat (baca: buka konde dan sasakan). Gue ngga merasa pegel2 atau cape banget, tapi nggak tahan dengan leher yang nggak bisa rileks karena menanggung beban sanggul. Terimakasih kepada telur ayam kampung yang gue makan selama 5 hari berturut-turut, madu, vit c, dan Dolo neurobion, yang bikin gue gak kerasa pegel-pegel. Gue nggak pake suntik2an vitamin sama sekali, yang oenting istirahat cukup dan telur ayam kampung stgh matang. :p

Oia, gue mau review vendors dulu ya, tapi seinget gue aja ya... :D

Gedung: Toton Baho, Pekayon, Bekasi
Pelayanan ok, technical meeting jelas, request kami dikerjakan, harga lumayan karena gedung baru. Bersih, ac kerasa sampai sore.

Catering adat: Marpadotbe
Katanya arsiknya enak banget, harga banyak variasi, ada babi n sapi. Can't tell too much karena bukan gue yang ngurus catering ini.

Catering nasional: kiki catering
Menurut laporan sih enak semuanya. Siomay enak, sate pontianak enak, zuppa soup, kambing, soto, semua enak. Gue kebagian zuppa soupnya doang dan enak. Oia, cateringnta jujur dan bersih. Pas pake catering ini dapet diskon karena yang punya istrinya temen main sepeda si papa. Enak semua katanya. Puas.

Dekorasi: Christine Decoration
Warna dan dekor sesuai yang di bayangkan, lampu hiasan tidak ada yang mati, dia juga mau bantu dekor balkon untuk bagian VIP. Christine decoration ini inang udannya mama, jadi dapet special price juga :p

Musik: John feat. Trio Family
Semua bilang enak, pas penempatan lagu dan momentnya, oke juga ngiringin mama nyanyi solo (tanpa latihan) "burju ma ho marsimatua" pas mau ngulosin ulos hela. Suamai emg udah discuss beberapa kali untuk milih lagu dan penempatannya sesuai moment. Mereka juga mau ngikutin rikues papa yang nggak mau ada lagu poco-poco selama pesta. Trio Family ini salah satunya adl opungnya suami gue, Jadi, special price juga. Rekomendasi banget untuk yang mau nikah dan pengen parmusiknya bagus.

hand bouquet: inangtua Siregar/br. Harahap
Pas gue bilang mau mawar ungu utk hand bouquet gue, dia lgsg mau cariin dan pesenin. Gue nggak tau dimana pesennya (lupa pasar mana gitu) i got it for free tapi kata dia kalo nggak salah itu around 600-750.

Kebaya pengantin by tante Evi.
Sahabat gue ngenalin tante evi ini pas dia tau gue mau bikin kebaya. Tante evi bakal sketch dulu sesuai keinginan kita dan dia ngerjainnya juga memakai sudut pandang kepuasan dia. Diakhir kebaya jadi, dia merombak songket gue, membuat ulang bustier gue karena dia merasa gak puas dengang jatuhnya bustier di bagian pinggul gue, dan menambah aplikasi su paya perutbuncit gue bisa keliatan agak indah. Ahhaahha... Gue puas banget dan rekomendasiin si tante ini untuk bikin kebaya pengantin. Sampai hari ini gue masih suka mandangin foto gue sendiri untuk ngeliatin kebaya gue. Harga sesuai dengan kepuasan yang lo dapet, haaahaha. :p

Finally thanks berat yaaa untuk semuanya yang membuat gue merasa grateful banget di hari spesial gue. Gue bener-bener merasa Tuhan ngasih berkatnya melalui kalian. Ngga ada kata2 yang tepat untuk kalian semua, gue cuma bisa berdoa semoga kalian sehat selalu, tambah rejeki dan umur panjang. God bless you all. :)


10 comments:

  1. Welcome to Batak Toba, kunjungi http://www.tobatabo.com Semua mengenai batak ada disini!!

    ReplyDelete
  2. Saya tak setuju nikah harus pakai adat. Adat itu pilihan bukan paksaan. Kalau tidak punya banyak uang bagaimana?

    ReplyDelete
  3. Paket Pernikahan Murah Jakarta

    Paket Pernikahan Murah Jakarta Wedding Organizer Termasuk Catering Rias Pengantin Dekorasi Peralatan Dokumentasi di Rumah/Gedung 081311250168.
    Paket Pernikahan Murah Jakarta

    Di Lavina Catering Jakarta tersedia Aneka Paket Pernikahan Murah Jakarta baik untuk acara pesta di Rumah atau Gedung. Walaupun harga murah namun Anda tidak akan kecewa, karena tidak akan ada biaya tambahan apapun. Biaya yang Anda keluarkan sudah ALL IN, Anda terima beres saja, semua sudah disiapkan oleh Team Lavina Catering Jakarta.

    Harga Paket Paket Pernikahan Rumah Jakarta :

    Paket Pernikahan Rumah 200 Orang : Rp. 24.900.000
    Paket Pernikahan Rumah 300 Orang : Rp. 29.900.000
    Paket Pernikahan Rumah 600 Orang : Rp. 39.900.000
    Paket Pernikahan Rumah 800 Orang : Rp. 54.900.000

    Harga Paket Pernikahan Gedung Jakarta :

    Paket Pernikahan Gedung 500 Orang : Rp. 49.900.000
    Paket Pernikahan Gedung 600 Orang : Rp. 54.900.000
    Paket Pernikahan Gedung 800 Orang : Rp. 59.900.000
    Paket Pernikahan Gedung 1000 Orang : Rp.64.900.000

    Mau Ambil Paket Pernikahan Murah Jakarta ?

    Saat melakukan persiapan Acara Pesta Pernikahan memang merupakan acara yang akan menyita waktu. Untuk itu memang diperlukan kerjasama antara setiap calon pasangan pengantin dengan masing masing keluarga dan juga dengan Vendor Pernikahan terkait.

    Keberadaan Lavina Catering tentu adalah dengan tujuan mempermudah Anda. Dengan memilih Paket Pernikahan Murah Jakarta melalui kami, Anda serasa mendapatkan layanan dari Wedding Organizer. Karena Anda tidak perlu pusing pusing lagi, semuanya sudah diselesaikan oleh Team Lavina Catering.

    Team Lavina Catering berada di lokasi strategis sangat siap memberikan Jasa Catering Jakarta Selatan, Catering Jakarta Pusat, Catering Jakarta Utara, Catering Jakarta Barat, Catering Jakarta Timur.

    Segera kunjungi atau hubungi Lavina Catering di kantor kami:

    Lavina Catering

    Jl Mampang Prapatan 12 No 9

    Jakarta Selatan 12790

    Hotline: 021 94550168

    Mobile/SMS: 081311250168, 081311350168

    Email : pesan@jasacatering.co.id

    WWW.JASACATERING.CO.ID

    ReplyDelete
  4. Jasa dekorasi pernikahan adat batak di bandung..
    Kami dari CLARISSA DEKORASI khusus pernikahan/pesta dengan adat batak menerima pesanan dengan harga terjangkau.
    Harga paket mulai dari Rp.2.700.000 menerima modifikasi sesuai keinginan.
    Hubungi 081320943953 (Ani Tpbln) Bisa dihubungi via whatsapp
    Alamat: jln Sindang Sari 3 N0.16 Antapani, Bandung.
    Atau kunjungi web kami di :
    http://dekorasipernikahanbatak.blogspot.co.id/2016/07/layanan-dekorasi-pesta-pernikahan-adat_9.html

    ReplyDelete
  5. Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) . Get “Cashback up to 40jt NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca

    ReplyDelete
  6. Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik seperti honeymoon ke Bali, logam mulia bahkan cashback langsung. Bonus-bonus tersebut bisa kamu dapatkan langsung tanpa diundi dan bisa dicustom sesukamu! Dapatkan informasi lengkapnya 089611648377 (Zulfa)

    ReplyDelete
  7. HIS balai sartika memiliki konsep One Stop Wedding Service kak, keuntungan One stop wedding service yang ditawarkan ini antara lain:

    1. Tidak repot dalam memilih, menghubungi dan tidak repot untuk tawar-menawar harga lagi dengan vendor.
    2. Selain mendapatkan Wedding Organizer yang Profesional juga mendapatkan Wedding Consultant, yaitu aku yang siap menghandle seluruh persiapan menuju hari-H.
    3. Kualitas Gedung & pilihan Vendor Premium di Kota Bandung.
    4. Sudah Mengcover seluruh kebutuhan teteh mulai :
    -Gedung
    -Catering
    -Dekor
    -Rias busana & Make up
    -Fotografi
    -Entertaiment
    -MC
    -Upacara Adat
    -Wedding car
    -Wedding Organizer & Wedding Consultant
    Untuk pemilihan vendor pun sangat fleksibel karena banyak pilihan vendor yg disediakan :)
    More Info Zulfa 089611648377 (WA)

    ReplyDelete
  8. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu CASH BACK 10JUTA Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hiskologdam )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  9. Hallo Para Calon Pengantin

    Sudah berencana akan menikah dalam waktu dekat? Butuh referensi gedung pernikahan di Bandung? HIS Kologdam merupakan salah satu Venue yang tepat untuk para calon pengantin!
    Grand Ballroom yang sudah Full Karpet, Fasilitas yang lengkap, serta menyediakan semua element-element wedding. Dan yang Top-top diBandung!

    Untuk informasi lebih lengkap mengenai PROMO dan ingin mengetahui jadwal kosong pernikahan para calon pengantin.

    Boleh chat ke nomor 0853-5282-8252 (Tiara)

    ReplyDelete
  10. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya juga..

    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe ;)

    ReplyDelete